Jumat, 16 Maret 2012

All iz Well :) :) :)



Memulai hari dengan penuh rasa syukur, menyadari bahwa setiap yang kita terima adalah suatu anugerah yang tak terhingga. Merasakan aura positif mengalir dalam diri, mengubah pandangan luar menjadi pelajaran baru yang akan membawa kita mengarah pada suatu perubahan yang berarti. Hidup ini layaknya sebuah prakiraan cuaca, dimana tidak dapat dipastikan akan terjadi hujan atau hanya sekedar mendung dan bahkan awan cerah sekalipun dapat sewaktu-waktu berubah menjadi hujan badai. Namun, dibalik semua itu pasti ada hikmah yang dapat diambil menjadi suatu peringatan.
Ketika semua hal dapat kita cerna dengan berfikir positif, maka bukanlah suatu permasalahan yang akan kita jumpai, melainkan suatu hal yang menarik, yaitu sebuah pengalaman baru. Sebuah pengalaman dapat mengajarkan kita banyak hal, baik itu merupakan suatu pengalaman yang menyenangkan maupun pengalaman yang buruk sekalipun. Dari berbagai hal itulah kita dapat mencoba memahami apa yang telah kita lewati beberapa waktu yang lalu.
Tak jarang diantara kita yang kesal dengan suatu keadaan yang benar-benar tidak diharapkan kejadiannya. Namun, selang beberapa hari ucapan syukur justru terucap, ketika kita mengetahui bahwa jika saja hal tersebut tidak terjadi mungkin sesuatu yang lebih buruk akan menimpa diri kita. Itulah mengapa pentingnya berfikir positif terhadap setiap yang kita alami. Banyak kejadian yang membuat kita amat kesal sampai-sampai emosipun tak dapat dikendalikan, itu terjadi karena sikap kita yang terlalu gegabah dalam memberikan kesimpulan terhadap kejadian yang kita alami. Ketika suatu masalah muncul, pikiran yang muncul adalah “mengapa hal tersebut bisa terjadi???”. Pikiran itulah yang akhirnya menjadi focus kita dan penyelesaian untuk mencari jalan keluarnyapun menjadi sedikit terlupakan.
Ketika kita ingat bahwa “Allah tidak akan menguji hamba-Nya melebihi batas kemampuan hamba-Nya”, pasti rasa optimis akan tumbuh dalam diri kita. Namun, amat disayangkan ketika sebuah masalah itu mulai menguasai pikiran kita, yang ada justru kita menganggap bahwa yang kita alami adalah sebuah masalah tanpa solusi, sehingga banyak orang yang memilih mengakhiri hidupnya untuk dapat lepas dari masalah yang dihadapinya. Mereka beranggapan bahwa dengan mengakhiri hidupnya tersebut, mereka akan benar-benar terlepas dari permasalahan dan mereka lupa bahwa sebenanrnya mereka justru telah mengambil jalan untuk mengawali permasalahan yang jauh lebih amat sangat beresiko.
Oleh karena itu, yang harus kita ingat bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Kita hidup sebagai makhluk sosial yang dapat meminta orang lain untuk membantu kita dalam memecahkan atau menyelesaikan mengatasi masalah yang sedang kita hadapi. Kita diberi kemampuan untuk berfikir dan salah satu fungsi berfikir adalah untuk mencari jalan keluar dari masalah yang kita hadapi. Mengakhiri hidup bukanlah suatu cara untuk kita dapat lepas dari masalah, hanya orang-orang yang tidak mampu berfikirlah yang melakukan hal tersebut sebagai satu-satunya jalan keluar dalam menghadapi masalah.
***Kunci dari menghadapi semua ujian hidup adalah dengan selalu bersyukur, berusaha dan bersabar serta tawakal pada Allah SWT. Innalloha ma’as shobiriin…   

2 komentar:

  1. waaaaaw, dalem banget, syarat makna.
    semoga kita termasuk orang2 yang dimudahkan mencari jalan keluar dalam setaip masalah yang kita hadapi...

    BalasHapus

silahkan tulis saran anda....:)